• Twitter
  • Technocrati
  • stumbleupon
  • flickr
  • digg
  • youtube
  • facebook

JELAJAHI JARINGAN KAMI

Sejarah Blogger/ Blogspot

0

Label:   Umum   ()

Tahun 1998 jumlah blog belumlah seperti sekarang. Karena pada saat itu tidak semua orang bisa membuatnya. Saat itu masih diperlukan suatu keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, bahasa HTML dan Java Script, dan web hosting blog. Sehingga pada waktu itu hanya mereka yang berkecimpung di bidang internet, System Administrator atau Web Designer yang menciptakan blog-blog disela2 kesibukan mereka.

Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab, Pyra.com meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dapat membuat blog. Melihat perkembangannya yang pesat, akhir tahun 2002 Google.com mengakuisi atau membeli Blogger.com dari PyraLabs. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka dan free bagi perkembangan blog dan para penulisnya.

Kenapa harus memilih ngeBlog dengan blogspot?

Blogspot adalah cinta pertama saya dalam urusan mesin blog. Semua orang bilang, cinta pertama akan selalu dikenang selama nya, gitu kan hehehe? Begitu pula saya admin keren tunggal blog biru muda ini. Meskipun sudah coba-coba pakai Wordpress dan Joomla tapi kecintaan saya pakai blogspot tidak bakal tergantikan. Berikut kelebihan blogspot dibanding mesin blog lainnya :
Layanan blog dan domain 100% gratis. Yap kita tidak bakalan diminta pembayaran sepeserpun *kalao ada yang klaim diminta bayar tak penyet lo xixixi*, selamanya. Baik itu untuk domain maupun hosting. *Semuwanya Geratis tis.
Serba unlimited. Unlimited bandwith, tanpa batas bandwith. Unlimited hosting space, tanpa batas hosting. Unlimited access, tanpa batas akses terutama akses kode HTML theme. Jadi tidak perlu lagi mikirin hosting, bandwith, akses terbatas dan sebagainya. Ini semua tidak bakal kita temui jika kita menggunakan mesin lain semisal wordpress.com, wordpress self hosting, joomla dan sebagainya.
Keamanan sangat terjamin. Dengan didukung penuh oleh sistem keamanan dari om Google tentunya tidak bisa diragukan lagi. Sehingga kita terbebas dari was-was gangguan hacker, cracker, spy, phishing, FTP hack, deface, SQL inject, google hack dan semacamnya iya tho?
Tanpa perlu penguasaan bahasa. Tidak usah pusing mikirin apa itu MySQL, PHP, Java, Flash dan seabrek bahasa ‘angker’ lainnya. Tanpa penguasaan bahasa sekalipun kita bisa memiliki blog yang handal.
Jaminan kreatif. Bagi yang doyan utak-atik template bisa dengan mudah mengedit dan berkreasi. Hal ini tidak akan kita jumpai dengan mesin blog gratisan lainnya semisal wordpress.com yang tidak bakal bisa mengedit template. Kalaupun bisa, hanya header dan pewarnaan saja.
Bersahabat dengan Google Adsense. Siapa yang tidak tahu Google Adsense, program pay per click (PPC) dari Google yang akan membayar kita saat ada yang klik iklan di blog kita. Bila kita menggunakan blog dari blogspot kita bebas memasang kode adsense. Hal ini akan berbanding terbalik jika kita memakai blog gratisan semisal wordpress.com bisa-bisa blog dan akun bisa di banned total, nah lo?
Instalasi yang mudah dan cepat. Tanpa perlu instal domain dan hosting, tanpa perlu setup cpanel. Dan tanpa membuat database dengan MySQL, serta seabrek langkah ribet lainnya kita langsung bisa membuat blog dengan mudah dan cepat hanya dalam 3 menit saja.
Dan seabrek kelebihan lainnya. Saya yakin masih banyak kelebihan blogspot dibanding mesin lainnya. Soale yang saya tahu baru itu saja hehehe. Silahkan sobat-sobat yang mau menambah apa kelebihan blogspot?

Perihal template blogspot

Kalau kita perhatikan saat memilih template (pilih menu Tata Letak> Pilih Template Baru) maka kita HANYA akan disuguhi template standar dari Blogspot. Kalau kita paham desain dan bahasa HTML kita bisa berkresi dengan membuat template sendiri.

Lantas, Dimana tempat download template yang keren?

Bagi yang jago desain template, tulisan ini bukanlah masalah. Tapi bagi yang belum bisa *belum lo ya, bukane tidak bisa* Bisa mendownload di internet. Salah satu situs penyedia blogger templates yang keren adalah di blogspottemplate.com. Disana kita bisa mendapatkan template blogspot secara cuma-cuma alias gratis tis.

Disana kita bisa memilih aneka desain yang menawan sesuai selera. Tersedia template 3 kolom seperti favorit saya, Wedding. Ada juga template dengan tema binatang, anime, musik, komputer dan sebagainya. Selain itu kita bisa memilih jenis kode HTML untuk template, baik blogspot lama (HTML) maupun yang baru (XML). Jadi tunggu apalagi, ayoo buruan download tempalte gratis sepuas-puasnya di blogspottemplate.com sekarang juga.

Saran untuk blogspottemplate.com

Saran :
Saran berikut merupakan kebalikan dari kritik diatas
Selain skrinsut, link downlaod dan demo, mohon diberikan juga tutorial HTML umum.
Disebutin ya mas spesifikasinya, disebelah atau dibawah skrinsut, biar jelas. Bukan hanya dimasukkan dalam kategori atau tag-nya saja.
Be creativ ya mas. Bikin template yang buanyaak dengan desain yang berbeda hehe. Baik posisi widget, ukuran, jumlah kolom, dsb.
Kritik point ke 4 diatas bukan masalah besar *menurut saya* tapi alangkah baiknya bila dipindah (expot-import) ke blogspot untuk menunjukkan ke-blogspot-annya.

Saran tambahan
Sedikit saran tambahan semoga bermanfaat
Lengkapi template dengan plugin-plugin siap pakai yaa. Semisal smiled comment, slider, de el el.
Kok saya tidak menemukan desain template magazine ya, dibikin ya mas *saran rada maksa hehe*
Bakaaarrr, bakar semangat maaas. Bikin terus template-template keren *ini saran apa dukungan semangat ya hehe*. Bikin template yang inovatif dan keren serta kaya fitur okay.

Sekian sejarah, keunggulan blogspot, cara membuat blog di blogspot *kok berasa penutupan rapat ya*. Serta web tempat download template blogspot yang okay punya. Kepada blogger-blogger senior diharapkan menambahkan komentar tentang apa saja keunggulan dan seluk-beluk blogspot. Juga berupa saran yang membangun bagi kelangsungan blogspottemplate.com

*) Nb : sejarah blogspot di kutip dari blognya mas Hendry

Artikel Yang Berhubungan Dengan



Comments (0)

Posting Komentar

saya menerima kritik & saran dari anda.

tapi kalau mau menkomentar lebih baik dengan kata-kata yg baik